*

*

Ads

FB

Kamis, 06 Oktober 2016

Petualang Asmara Jilid 056

Akan terpenuhikah harapan Keng Hong dan Biauw Eng bahwa mereka akan berjumpa dengan sahabat baik mereka Yap Cong San dan isterinya di kuil Siauw-lim-si? Untuk mengetahui ini. sebaiknya kita mencari Yap Cong San dan isterinya dan melihat keadaan mereka. Sudah terlampau lama kita meninggalkan mereka dan marilah kita mengikuti perjalanan mereka semenjak mereka meninggalkan Leng-kok.

Seperti telah kita ketahui, Yap Cong San dan isterinya lari meninggalkan Leng-kok sebagai orang buruan setelah dengan kekerasan Yan Cu membebaskan suaminya dari tahanan Ma-taijin. Mereka lalu mulai mencari putera mereka yang hilang. Akan tetapi karena kepergian Kun Liong tidak meninggalkan bekas yang jelas, mereka tersesat dan sampai dua tahun mereka menjelajah ke selatan dan ke timur, belum juga mereka berhasil menemukan putera mereka itu!

Akhirnya mereka terpaksa kembali ke utara. Tiga tahun telah lewat semenjak mereka meninggalkan Leng-kok tanpa hasil sama sekali dalam usaha mereka mencari Kun Liong. Hampir mereka putus harapan dan timbul kekhawatiran bahwa putera mereka yang lenyap itu tewas, ketika pada suatu hari harapan itu timbul kembali secara kebetulan ketika mereka mendengar tentang putera mereka itu.

Hal itu terjadi ketika perjalanan mereka membawa mereka tiba di tepi Sungai Huang-ho di lereng Pegunungan Luliang-san yang menjadi tapal batas antara Propinsi Shansi di timur dan Propinsi Sensi di barat. Mereka bermalam di dalam sebuah kamar rumah penginapan kecil sederhana, di sebuah dusun nelayan di tepi Sungai Huang-ho.

Menjelang tengah malam, setelah suami isteri yang kelelahan ini tertidur, tiba-tiba Yan Cu terbangun oleh suara bisik-bisik. Dia terbangun, memasang telinga mendengarkan percakapan lirih yang terjadi di kamar sebelah, percakapan yang dapat didengarnya jelas karena agaknya dua orang wanita yang bercakap-cakap itu tidak menyembunyikan suara mereka dan antara kamamya dan kamar sebelah itu hanya teraling oleh dinding papan yang sambungannya tidak begitu rapat.

Tentu saja Yan Cu tidak akan sudi mendengarkan percakapan orang lain kalau saja dia tidak tertarik karena mendengar disebutnya nama puteranya, nama Kun Liong!

“Sungguh heran sekali! Kemana perginya bocah setan itu? Kalau dia melarikan diri dengan perahu, masa dia bisa naik perahu sampai ke langit? Mengapa jejaknya lenyap sama sekali?” terdengar suara wanita yang mengandung penasaran dan kemarahan.

“Memang dia bukan bocah biasa, Subo (Ibu Guru),” terdengar jawaban suara seorang anak perempuan. “Dahulu Kong-kong sudah bilang bahwa anak itu memang luar biasa, munculnya pun secara aneh sekali, dari dalam sungai!”

“Huh! Apakah dia anak iblis sungai? Siapa namanya?”

“Dia mengaku bernama Kun Liong, Subo. Akan tetapi teecu (murid) tidak yakin bahwa dia yang membawa pergi benda itu karena benda itu tadinya berada di tangan Phoa Sek It. Ketika Phoa Sek it membunuhi semua orang, Kun Liong melarikan diri. Mana mungkin dia merampasnya dari tangan Phoa Sek It?”

“Siapa tahu? Bocah itu setidaknya tentu mengetahui di mana adanya benda itu. Hemmm... kalau dia dapat tertangkap olehku, akan kupaksa dia mengaku, akan kupatah-patahkan semua tulang tubuhnya agar dia suka mengaku!”

Mendengar itu, Yan Cu sudah tidak dapat menahan hatinya lagi. Biarpun dia merasa heran dan ragu-ragu mendengar percakapan itu, namun besar kemungkinan mereka itu bicara tentang puteranya yang hilang. Cepat dia turun dari pembaringan, menghampiri dinding dan mengintai dari celah-celah dinding papan.






Dilihatnya dalam kamar sebelah itu seorang wanita berusia empat puluh tahun lebih, bertubuh pendek, cantik manis akan tetapi matanya menyinarkan kekejaman dan bentuk mulutnya selalu menyeringai seperti orang mengejek, rambutnya panjang, sedang duduk di kursi berhadapan dengan seorang anak perempuan berusia kurang lebih sebelas tahun yang bersikap pendiam dan berwajah cantik dan dingin. Di atas meja depan wanita rambut panjang itu terdapat sebatang pedang panjang yang bentuknya agak melengkung dan gagangnya panjang, sebatang pedang berbentuk asing bagi Yan Cu.

Yan Cu menduga bahwa tentu wanita itu bukan orang sembarangan maka dia pun bersikap hati-hati sekali. Melihat suaminya masih tidur pulas, dia berindap keluar dari dalam kamarnya, kemudian menyelinap ke luar rumah penginapan yang sunyi karena semua orang telah tidur, dengan ringan tubuhnya mencelat ke atas genteng dan dia membuka genting tepat di atas kamar sebelah tadi. Sebagai penjagaan, sebelum keluar kamarnya Yan Cu sudah menyambar pedangnya.

Akan tetapi, pada saat dia membuka genting, tiba-tiba dari bawah menyambar sinar hijau dengan kecepatan kilat ke arahnya! Yan Cu terkejut tetapi tidak menjadi gugup. Dia sudah meloncat ke belakang dan berjungkir balik. Ketika dia turun lagi dan berdiri di wuwungan genting rumah itu, terlihat bayangan berkelebat dan tahu-tahu wanita pendek berambut panjang tadi telah berada di depannya, berdiri dengan sebatang pedang panjang melengkung yang berkilauan di tangannya!

Yan Cu menjadi marah sekali, apalagi ketika teringat betapa wanita ini mengancam untuk mematahkan semua tulang di tubuh puteranya dan memaksanya mengaku! Andaikata yang diancam itu bukan puteranya, melainkan seorang anak lain yang namanya juga Kun Liong, tetap saja ancaman itu menunjukkan bahwa wanita pendek ini adalah seorang yang kejam dan jahat sekali, patut untuk dibasmi. Namun, pada saat itu, yang terpenting bagi Yan Cu adalah untuk mengetahui apakah benar puteranya yang dibicarakan mereka itu.

“Perempuan kejam! Apakah yang kau bicarakan dalam kamar tadi, yang kau sebut namanya, anak yang bemama Kun Liong itu adalah seorang anak laki-laki yang berusia kira-kira tiga belas tahun sekarang ini dan she Yap?”

“Kalau benar dia kau mau apa?” Wanita itu balas bertanya dan mulutnya makin mengejek.

“Tapi benarkah dia? Wajahnya tampan, matanya lebar, kepalanya bundar dan dahinya lebar, alisnya seperti golok, hidungnya mancung? Benarkah dia Yap Kun Liong?”

“Perempuan lancang, kau telah berani melakukan pengintaian. Hemmm, kau tidak mengenal Siang-tok Mo-li Bu Leng Ci?”

Yan Cu tentu saja sudah mendengar nama datuk kaum sesat ini selama perantauannya mencari Kun Liong, akan tetapi pada saat itu dia tidak mempedulikan semua hal kecuali persoalan di mana adanya puteranya.

“Tidak peduli kau siapa, akan tetapi benarkah Yap Kun Liong yang kau bicarakan tadi?”

Sinar mata wanita pendek itu mengeluarkan kilat kemarahan. Namanya sudah tersohor di seluruh jagat sebagai seorang datuk dari daerah selatan. Tidak ada orang kang-ouw yang tidak menjadi gentar mendengar namanya, apalagi bertemu dengan dia! Dan perempuan ini sama sekali tidak peduli!

“Perempuan bosan hidup! Kalau benar dia itu Yap Kun Liong kau mau apa?”

“Mau apa? Membunuh engkau yang mengancam dia! Di mana dia sekarang?”

“Hi-hi-hik, lagakmu seperti jagoan sendiri! Aku pun sedang mencari dia. Engkau siapakah?”

“Aku ibunya!”

Yan Cu sudah marah sekali, dicabutnya pedangnya dan tanpa banyak cakap lagi dia sudah menubruk maju, mengirim serangan kilat dengan tusukan ke arah dada lawan.

“Hi-hik, ibunya?”

Bu Leng Ci, wanita itu terkekeh dan mengelak cepat sambil membabatkan pedang panjangnya dari samping.

“Singgg!”

Pedang samurai pedang model Jepang itu dipegang gagangnya dengan kedua tangan dan ketika dibabatkan cepatnya seperti kilat menyambar dan mengandung tenaga yang amat dahsyat.

Tentu saja Yan Cu terkejut bukan main, karena sama sekali tidak menyangka bahwa datuk wanita yang tersohor ini benar-benar amat berbahaya. Dia sudah meloncat ke belakang untuk menghindarkan diri dari sambaran pedang panjang, lalu bersiap menghadapi lawan tangguh ini.

“Kau ibunya? Hi-hi-hik, kalau begitu kau harus mampus. Anakmu telah membikin jengkel hatiku!”

Bertandinglah dua orang wanita itu di atas genting, dan keduanya sama-sama terkejut sekali, lebih-lebih Siang-tok Mo-li Bu Leng Ci. Selama dia merantau ke utara dari pantai laut selatan, belum pernah dia bertemu tanding dan jarang pula dia mempergunakan pedang samurainya.

Tadi ketika dia menggunakan senjata rahasia Siang-tok-toa (Pasir Beracun Wangi) dari bawah, dia sudah terkejut karena orang yang tadi mengintai dari kamar sebelah kemudian mengintai dari atas genting dapat menghindarkan diri. Karena itu maka dia menyusul ke atas sambil membawa pedang samurainya. Kini, setelah mereka bergebrak selama belasan jurus, Bu Leng Ci benar-benar kaget sekali. Wanita cantik jelita di depannya ini benar-benar memiliki ilmu kepandaian hebat! Bukan saja ilmu pedangnya luar biasa, juga lawannya ini memiliki keringanan tubuh dan kekuatan tenaga sakti yang mampu menandinginya!

Merasa kurang leluasa bertanding di atas genting, Bu Leng Ci melayang turun. Tentu saja Yan Cu tidak mau melepaskannya, dan cepat menyusul dengan loncatan cepat. Kini mereka berhadapan di atas tanah, di sebelah belakang rumah penginapan itu, dan saling memandang di bawah sinar bulan sepotong yang mendatangkan cahaya penerangan remang-remang.

“Siapakah engkau?” Bu Leng Ci membentak, tertarik juga untuk mengenal siapa adanya lawan tangguh ini.

“Aku ibunya Yap Kun Liong! Ketahuilah, perempuan iblis, bahwa aku adalah Gui Yan Cu. Isteri dari Yap Cong San. Engkau tentu tidak mengenal kami, karena kami bukan golongan iblis kaum sesat yang suka malang-melintang berbuat kejam mengandalkan kepandaian yang tidak seberapa seperti engkau!”

“Hi-hi-hik, sombong. Mampuslah engkau!”

Bu Leng Ci kembali menerjang, samurainya membentuk gulungan sinar yang lebar dan panjang, digerakkan dengan kedua tangannya.

“Trang! Cringgg!!”

Yan Cu merasa betapa telapak tangannya yang memegang pedang tergetar. Diam-diam dia harus mengakui bahwa wanita iblis yang tersohor sebagai seorang di antara datuk-datuk kaum sesat yang bermunculan di waktu itu, yang bertubuh pendek dan berpedang panjang ini benar-benar amat tangguh. Maka dia pun mengerahkan tenaga dan memutar pedangnya dengan cepat. Yan Cu adalah seorang wanita perkasa. Biarpun dia tahu bahwa lawannya tangguh, namun untuk berteriak memanggil suaminya dia merasa malu karena berteriak minta bantuan bukanlah kelakuan seorang gagah!

Tiba-tiba pedang dan samurai kembali bertemu dan menempel untuk beberapa detik lamanya, karena Bu Leng Ci mempergunakan kekuatan kedua lengannya, pedang Yan Cu agak tertindih dan saat itu dipergunakan oleh Bu Leng Ci untuk menggerakkan kepalanya. Rambutnya yang panjang menyambar ke arah Yan Cu seperti ribuan ekor ular menyerang!

Yan Cu terkesiap dan cepat dia menarik kembali pedangnya, melempar tubuh ke belakang dan berjungkir-balik. Sambil membalikkan tubuhnya yang berpoksai (bersalto) tiga kali di udara, pedangnya menyambar untuk melindungi dirinya.

“Cringgg...!”

Pedangnya bertemu dengan samurai yang kini dipegang dengan tangan kanan sedangkan pada detik itu, tangan kiri Bu Leng Ci yang jari-jarinya merupakan jari baja telah menusuk ke arah dada dengan maksud menembus dada itu dan merogoh jantung seperti yang biasa dia lakukan terhadap para korbannya!

“Ihhh...!”

Yan Cu cepat menggulingkan tubuhnya ke kanan, terus bergulingan di atas tanah untuk membebaskan diri dari serangan itu.

“Wut...!”

Yan Cu menahan jeritnya ketika merasa betapa dadanya sebelah kanan sakit sekali. Kiranya dia telah disusul oleh serangan Pasir Beracun Wangi yang dilepas dari jarak dekat. Biarpun Yan Cu telah bergulingan sambil memutar pedangnya, tetap saja ada sebagian dari Siang-tok-soa yang mengenai dadanya. Seketika kepalanya pening, matanya berkunang dan ketika dia meloncat berdiri, tubuhnya terhuyung!

“Hi-hi-hik, sayang sekali kau harus mampus!” Bu Leng Ci sudah meloncat maju, mengayun samurainya ke arah pinggang Yan Cu.

“Singg... tranggg...!!”

Yan Cu dalam keadaan pening itu masih dapat menangkis dengan tangan karena tubuhnya menggigil kedinginan akibat pasir beracun itu dan tenaganya berkurang, apalagi karena dia memang kalah tenaga, pedangnya terpental dan terlepas dari pegangannya. Sementara itu, pedang samurai sudah menyambar lagi ke arah lehernya.

“Tranggg...! Eihhh...!”

Bu Leng Ci meloncat ke belakang ketika samurainya ditangkis oleh sebatang mouw-pit (pena bulu) yang membuat lengannya tergetar.

Kiranya Yap Cong San yang telah menyelamatkan isterinya, Cong San cepat memegang lengan isterinya, dan berbisik,

“Mundurlah... cepat telan obat penawar...!”

“Hi-hi-hi, agaknya ini suaminya, ya? Ha-ha, tidak ada obat penawar untuk melawan Siang-tok-soa dari Siang-tok Mo-li Bu Leng Ci. Isterimu akan mampus, dan engkau juga!”

Mendengar nama ini, Yap Cong San terkejut. Tadi dia terbangun oleh suara pertandingan yang lapat-lapat dan terkejut ketika tidak melihat isterinya rebah di sampingnya dan pedang isterinya tidak tampak. Cepat ia berpakaian dan melompat keluar sambil membawa sebatang mouw-pit yang menjadi senjatanya yang ampuh.

Dapat dibayangkan betapa kagetnya melihat isterinya terhuyung, pedangnya terlempar dan pedang panjang lawan isterinya itu mengancam nyawa isterinya. Untung dia tidak terlambat dan setelah dapat menangkis pedang samurai itu, dia melihat bahwa isterinya telah terluka dan melihat warna mukanya, tentu terluka senjata beracun.

Dengan marah dan khawatir sekali Yap Cong San segera menerjang ke depan menggunakan senjata Im-yang-pit hitam putih dengan gerakan cepat seperti kilat. Kembali Bu Leng Ci terkejut. Sungguh tak pernah disangka bahwa di dunia kang-ouw sebelah utara ini terdapat orang-orang pandai seperti suami isteri ini yang sama sekali tidak terkenal namanya. Bahkan sang suami ini lebih lihai daripada isterinya!

Bu Leng Ci berteriak keras dan samurainya kembali berkelebat membentuk gulungan sinar seperti seekor ular naga mengamuk. Namun Yap Cong San yang bersikap hati-hati selalu dapat membendung amukan sinar samurai, bahkan membalas dengan totokan-totokan maut yang bukan tidak berbahaya bagi Bu Leng Ci.

Betapapun juga, segera murid lihai dari Siauw-lim-pai ini mendapat kenyataan bahwa lawannya amat tangguh, bahkan dalam hal tenaga sin-kang, dia masih belum mampu menandinginya, terbukti dari getaran-getaran pada kedua tangannya setiap kali Im-yang-pit di tangannya terbentur oleh pedang samurai. Pantas wanita ini menjadi seorang diantara datuk-datuk golongan hitam, kiranya memang amat lihai.

Biarpun demikian, tidak mudah bagi Bu Leng Ci untuk mengalahkan murid Siauw-lim-pai ini yang memiliki ilmu silat asli dari Siauw-lim-pai dan dapat membentuk pertahanan yang bukan main kuatnya, laksana batu karang yang menahan gempuran badai! Dan lebih celaka lagi bagi Bu Leng Ci ketika Yan Cu sudah menyambar lagi pedangnya dan biarpun wajah wanita itu ada bayangan gelap, namun peningnya lenyap dan kini ia membantu suaminya menerjang Bu Leng Ci! Menghadapi Yap Cong San saja sudah amat sukar baginya untuk merobohkan pendekar ini, apalagi dikeroyok dua dengan suaminya yang marah itu.

“Robohlah!”

Tiba-tiba Bu Leng Ci mengeluarkan suara teriakan nyaring, tangannya bergerak dan sinar hijau menyambar, itulah Siang-tok-soa!

“Awas...!!”

Yap Cong San berteriak memperingatkan isterinya dan keduanya cepat melompat jauh ke belakang untuk menghindarkan diri. Akan tetapi Bu Leng Ci telah mempergunakan kesempatan itu meloncat ke dalam rumah penginapan. Suami isteri itu mengejar dengan cepat.

Karena merasa tidak kuat kalau harus menandingi suami isteri itu, Bu Leng Ci sudah memondong anak perempuan yang menjadi muridnya dan lari ke luar.

“Iblis betina, hendak lari kemana kau?”

Cong San dan Yan Cu mengejar dan pendekar ini cepat menggunakan senjata rahasianya untuk menyambit bayangan di depan. Senjata rahasia dari Yap Cong San ini berupa mata uang tembaga, uang biasa yang dapat dipergunakan untuk berbelanja, akan tetapi kalau dipergunakan sebagai senjata rahasia, amat hebat dan dapat menembus tulang!

Bu Leng Ci menjerit lirih ketika pundaknya disambar sebuah mata uang, mendatangkan rasa nyeri bukan main. Akan tetapi hal ini malah membuat dia mempercepat larinya. Dengan penasaran Yap Cong San mengejar terus.

“Aduhhh...”

Rintihan isterinya ini membuat Cong San terkejut dan membalik. Ketika dia melihat isterinya terhuyung hampir jatuh, dia cepat menyambar tubuh isterinya. Ternyata Yan Cu telah pingsan. Melihat keadaan isterinya, terpaksa Cong San membatalkan pengejarannya dan cepat berusaha menolong isterinya.

Pasir beracun yang memasuki dada kanan bagian atas itu benar-benar amat hebat. Kulit dibagian dada itu membengkak biru, dan warna kebiruan menjalar sampai ke muka! Tubuh Yan Cu panas sekali, akan tetapi anehnya, wanita itu menggigil kedinginan!

Yap Cong San sudah banyak mempelajari pengobatan dari isterinya. Dia memeriksa sebentar penuh ketelitian setelah merebahkan tubuh isterinya di atas pembaringan dalam kamar mereka. Akhirnya dia menghela napas, menekan kekhawatiran hatinya.

Racun wangi itu benar-benar amat berbahaya dan dia sudah tahu akan sifat racun itu. Dia harus menggunakan sin-kang dan obat-obat yang sukar dicari, dan biarpun demikian, agaknya bukan hal yang mudah untuk menyelamatkan nyawa isterinya dari renggutan maut!

Keadaan ini memaksa Yap Cong San menghentikan usahanya mencari puteranya, bahkan dia lalu membawa isterinya untuk beristirahat dan berobat di puncak Pegunungan Lu-liang-san yang sunyi, selain untuk menghindarkan diri dari pengejaran alat pemerintah, juga untuk bersembunyi dari pengejaran tokoh-tokoh hitam. Dalam keadaan seperti itu, amatlah berbahaya bagi isterinya kalau ada lawan kuat datang menyerang.

Demikianlah, dengan penuh ketekunan dan kesabaran Cong San merawat isterinya di puncak Lu-liang-san. Tepat seperti yang diduga dan dikhawatirkannya, pengobatan itu memakan waktu sampai hampir dua tahun! Setelah menghabiskan banyak akar dan daun obat yang dengan susah payah dapat dia temukan di semak-semak belukar dalam hutan di Pegunungan Lu-liang-san, dan banyak pula memeras tenaga sin-kangnya untuk membantu isterinya mengusir hawa beracun, dan memakan waktu dua tahun kurang sedikit, barulah semua racun itu dapat terusir bersih dari tubuh Gui Yan Cu! Setelah isterinya sembuh, mereka telah meninggalkan rumah selama lima tahun lebih!

Nasib buruk yang menimpa sepasang suami isteri ini, cara hidup bersunyi dan segala macam kekhawatiran dan kedukaan berhubung dengah lenyapnya putera mereka, menjadi pupuk yang menambah dalam cinta kasih di antara mereka.

Setelah Yan Cu sembuh dan Cong San menganggap perlu bagi isterinya untuk selama beberapa bulan beristirahat memulihkan kesehatan di puncak yang indah pemandangannya dan sejuk hawanya itu, curahan cinta kasih mereka yang makin mendalam sebagai hiburan duka karena memikirkan Kun Liong membuat Yan Cu mengandung lagi! Hal ini mendatangkan kegirangan besar di hati suami isteri itu dan terpaksa mereka memperpanjang kediaman mereka di puncak Pegunungan Lu-liang-san

**** 056 ****
Petualang Asmara







Tidak ada komentar: